Anies Baswedan Usung Pembangunan Ekonomi Berkeadilan Demi Atasi Ketimpangan

Minggu, 19 November 2023 – 08:00 WIB
Anies Baswedan Usung Pembangunan Ekonomi Berkeadilan Demi Atasi Ketimpangan - JPNN.com Jabar
Paslon capres-cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memamerkan nomor urut peserta Pilpres 2024. Anies-Muhaimin memperoleh nomor 1 pada pengundian nomor urut Peserta Pilpres 2024 dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Selasa malam (14/11/2023). Foto: Ricardo/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Capres Pemilu 2024 Anies Baswedan menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan prekonomian di berbagai daerah tertinggal yang minim investasi dan industrialisasi.

Anies menyatakan itu saat menjadi narasumber Sarasehan Nasional 2023 bertajuk 'Reposisi Praktik Demokrasi Pancasila & Ekonomi Menuju Indonesia Yang Berkeadilan' di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Berbicara di acara yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Makassar (UNM) itu, Anies menjelaskan tren investasi dalam sepuluh tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Pada 2013, angka investasi sebesar Rp 399 triliun.

Angka investasi tersebut melonjak drastis menjadi Rp1.200 triliun pada 2022. Namun, Anies menilai kenaikan investasi itu tidak disertai peningkatan ketersediaan lapangan kerja di tanah air.

"Anehnya, tren penyerapan tenaga kerja kita malah turun. Ini masalah yang harus dibereskan," kata Anies di acara yang juga menampilkan Rocky Gerung dan dosen Fakultas Hukum Unviversitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar itu.

Syahdan, Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 itu memaparkan idenya jika kelak terpilih menjadi Presiden Kedelapan RI. Anies mengataan dirinya akan melakukan reindustrialisasi.

“Kita harus melakukan investasi di tempat-tempat (daerah) yang selama ini minim industrialisasi. Dengan begitu, lulusan perguruan tinggi kita tidak perlu jauh-jauh mencari pekerjaan ke daerah lain tapi di tempat mereka tinggal karena telah tersedia industri," tutur Anies.

Capres dari Koalisi Perubahan itu juga menyinggung pentingnya prinsip keadilan dan kesetaraan dalam bidang ekonomi.

Anies Baswedan menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan prekonomian di berbagai daerah tertinggal yang minim investasi dan industrialisasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News