Memiliki Jumlah DPT Terbesar se-Indonesia, 36 Persen Warga Jabar Tidak Tahu Jadwal Pemilu 2024

Kamis, 16 November 2023 – 21:25 WIB
Memiliki Jumlah DPT Terbesar se-Indonesia, 36 Persen Warga Jabar Tidak Tahu Jadwal Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pemilu. Foto: dok/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sebanyak 36 persen masyarakat Jawa Barat (Jabar) belum mengetahui jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Padahal, kontestasi politik lima tahunan itu akan berlangsung 3 bulan lagi, tepatnya 14 Februari 2024. 

Hal itu terungkap dalam hasil survei yang dilakukan Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) dan Ragaplasma soal pengetahuan masyarakat Jabar akan Pemilu 2024. 

Direktur JSPP Muhammad Salman Ramadhani mengatakan, dari seribu responden yang diwawancarai di 27 kabupaten/kota, dengan rentang usia beragam mulai 20-50 tahun, didapati baru 64 persen mengetahui jadwal pelaksanaan Pemilu 2024 serentak. 

Sementara sisanya belum mengetahui secara pasti jadwalnya, kendati sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). 

"Di survei kami, lumayan cukup tinggi yang tidak tahu tanggal berapa (pelaksanaan) Pemilu," ucap Salman saat ditemui di Kota Bandung, Kamis (16/11). 

Oleh karena itu, Salman menyarankan agar penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk terus melakukan sosialisasi kepemiluan secara masif kepada masyarakat. 

"Kami berharap penyelenggara Pemilu itu bisa menyosialisasikan lebih intensif lagi," ujar Salman. 

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih. 

Sebanyak 36 persen masyarakat di Jawa Barat belum mengetahui jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Padahal, Jabar memiliki DPT terbesar se-Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News