Kontroversi Putusan Anwar Usman, Tokoh: Lebih Baik Mundur Dari MK!

Selasa, 14 November 2023 – 08:00 WIB
Kontroversi Putusan Anwar Usman, Tokoh: Lebih Baik Mundur Dari MK! - JPNN.com Jabar
Ketua Majelis Hakim Konstitusi Anwar Usman. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Salah satu tokoh bangsa yang berkumpul di Rembang, Jawa Tengah, Erry Riyana Hardjapamekas meminta Anwar Usman mundur sebagai anggota Mahkamah Konsitusi (MK).

Menurut mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, guncangan yang terjadi pada konstitusi Indonesia muncul setelah Anwar Usman memutuskan hasil permohonan batas usia capres-cawapres.

Bahkan sampai saat ini, kendala tersebut masih menjadi momok yang menjadi polemik di tengah masyarakat.

“Kami menuntut Yang Mulia Anwar Usman mengundurkan diri, karena keputusan MKMK itu menurut kami sudah merupakan cacat etika yang berat untuk seorang hakim MK,” ujar Erry dalam konferensi pers bersama tokoh bangsa, Minggu (11/11).

Erry menilai apa yang dilakukan oleh Anwar Usman terindikasi kuat sebagai sebuah tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Keputusan Anwar Usman mengizinkan aturan baru terkait batas usia capres-cawapres terbukti mendorong Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres Prabowo.

“KKN-nya terlalu kental, terlalu nampak, baik untuk keuntungan sendiri, keuntungan kelompok, dan keuntungan keluarga,” pungkas Erry. (Tan/JPNN)

Salah satu tokoh bangsa, Erry Riyana Hardjapamekas meminta Anwar Usman mundur sebagai anggota Mahkamah Konsitusi (MK).

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News