Ganjar Pranowo: Pendidikan Kunci Pemberantasan Kemiskinan di Indonesia

Kamis, 12 Oktober 2023 – 13:15 WIB
Ganjar Pranowo: Pendidikan Kunci Pemberantasan Kemiskinan di Indonesia - JPNN.com Jabar
Bacapres Ganjar Pranowo saat mengisi kuliah umum di Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung, Rabu (11/10). foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menyatakan pendidikan menjadi kunci dalam pemberantasan kemiskinan.

Hal itu disampaikan Ganjar di hadapan ribuan mahasiswa ketika memberikan kuliah umum di Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung pada Rabu (11/10).

Dalam kesempatan itu, Ganjar memaparkan ide dan gagasannya untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maju, satu di antaranya terkait penghapusan kemiskinan.

“Saya orang meyakini, untuk menyelesaikan problem kemiskinan yang terbaik adalah dengan pendidikan. Kenapa saya bilang begitu, karena saya sendiri contohnya,” ucap Ganjar dikutip, Kamis (12/10).

Ganjar menceritakan, dia yang berasal dari keluarga sangat sederhana bisa berhasil seperti saat ini karena pendidikan. Kalau ia tidak sekolah, maka mungkin nasibnya tidak seperti saat ini.

“Nah di situlah peran negara hadir. Bagaimana agar seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses pendidikan dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, Ganjar juga mempunyai pengalaman dalam memutus kemiskinan dengan pendidikan. Saat memimpin Jawa Tengah, ia membuat sekolah boarding gratis untuk warga miskin bernama SMK Negeri Jateng.

“Semuanya gratis, tidur gratis, makan, sepatu, seragam, tas semuanya kami biayai. Dan yang bisa masuk ke sekolah itu syaratnya dari keluarga miskin,” tuturnya.

Bacapres Ganjar Pranowo mengisi kuliah umum di Kampus Universitas Maranatha Bandung. Jelaskan peran pendidikan dalam pemberantasan kemiskinan,
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News