Karim Suryadi: Ridwan Kamil Cerminan Warga Jawa Barat

Selasa, 10 Oktober 2023 – 17:30 WIB
Karim Suryadi: Ridwan Kamil Cerminan Warga Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Guru Besar Komunikasi Politik Universitas Pendidikan Indonesia, Karim Suryadi menyatakan bahwa 2024 merupakan momentum bagi masyarakat Jawa Barat.

Tidak seperti Pemilu 2019, untuk pemilu tahun depan sudah ada figur asal Jawa Barat yang merajai hasil survei.

Dengan jumlah pemilih mencapai 17,4 persen, Karim menyatakan bahwa Jawa Barat harus punya wakil di kancah politik nasiona.

Dirinya menyampaikan hal itu bukan hanya karena dirinya berasal dari Jawa Barat, melainkan fakta yang menunjukkan suara pemilih di Jawa Barat sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dari suara pemilih di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tidak hanya itu, Jawa Barat memiliki modal kuat untuk membawa Indonesia melompat jauh, yakni ekonomi kreatif dan ekonomi digital.

Dengan keunggulan itu, Karim menyatakan bahwa tidak masuk akal bila keterwakilan Jawa Barat di kancah politik nasional masih saja minim seperti sebelum-sebelumnya.

“Sebab secara teori Jawa Barat mestinya menjadi rebutan koalisi manapun,” ungkap dia saat mengisi siniar #ngobroldiPR dengan topik Keterwakilan Jawa Barat di Pentas Politik Nasional.

Terlebih, saat ini Jawa Barat punya tokoh yang menurut Karim moncer dalam hasil survei, punya kedekatan dengan generasi muda dan sudah terbukti melakukan pendekatan yang pas dengan kebutuhan ekonomi saat ini.

Guru Besar Komunikasi Politik Universitas Pendidikan Indonesia, Karim Suryadi sebut nama Ridwan Kamil merupakan figur yang mempresentasikan Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News