Pengamat: Ridwan Kamil Tidak Akan Dongkrak Suara Ganjar Pranowo di Jabar

Senin, 11 September 2023 – 19:45 WIB
Pengamat: Ridwan Kamil Tidak Akan Dongkrak Suara Ganjar Pranowo di Jabar - JPNN.com Jabar
Peneliti Indonesian Politic Research and Consulting (IPRC) Fahmi Iss Wahyudy (kiri) ditemui seusai mengisi kegiatan diskusi di Kota Bandung, Senin (11/9). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil santer diisukan bakal mendampingi Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden (bacawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ridwan Kamil dinilai bisa mendongkrak suara Ganjar Pranowo khususnya di wilayah Jawa Barat.

Menanggapi hal itu, Peneliti Indonesian Politic Research and Consulting (IPRC), Fahmi Iss Wahyudy justru pesimistis atas narasi tersebut.

Berdasarkan data survei IPRC, duet Ganjar Pranowo – Ridwan Kamil masih kalah jauh dibandingkan pasangan lainnya.

“Dari data simulasi, statistiknya tidak menunjukkan itu (kenaikan suara signifikan), tidak maksimal hanya di 27,2 persen, Prabowo dengan Erick Thohir itu 39,2 persen, Anis – AHY 34,3 persen,” kata Fahmi dalam Dialog Menakar Dukungan Warga Jabar terhadap Ganjar Pranowo di Kota Bandung, Senin (11/9).

Ia menilai, Ganjar Pranowo telah memiliki suara potensial di Jabar. Dari data IPRC, mayoritas suara Jokowi di Pilpres 2019 beralih ke Ganjar.

“Ada fakta yang menarik, di mana pemilih tetap memilih Ganjar, jadi tak ada migrasi besar-besaran, itu berdasarkan survei kami. Pemilih Jokowi memilih Ganjar yang tersebar di Pantura, Pangandaran, sebagian Bekasi, maupun Bandung,” jelasnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Nahdlatul Ulama (NU) Cirebon, Achyar Al Rasyid juga menyampaikan hal yang sama.

IPRC pesimis Ridwan Kamil tak mampu dongkrak popularitas Ganjar Pranowo di wilayah Jatim apabila berpasangan di Pilpres 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News