Survei Capres Peringkat Ketujuh, Ridwan Kamil Tidak Percaya

Rabu, 23 Februari 2022 – 20:40 WIB
Survei Capres Peringkat Ketujuh, Ridwan Kamil Tidak Percaya - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro. (Humas Provinsi Jabar)

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ridwan Kamil masuk ke dalam jajaran calon presiden tahun 2024 versi survei Litbang Kompas. Namun, nama Ridwan Kamil hanya mampu menempati peringkat ke-7.

Diketahui, dalam survei itu, Prabowo Subianto masih unggul di posisi pertama, dilanjut dengan nama Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi ke tiga.

Nama Ridwan Kamil sendiri masih kalah bersaing dengan tokoh nasional lainnya, seperti Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menanggapi hal tersebut, Ridwan Kamil mengatakan, hasil survei bisa saja salah. Ia berkilah, hasil survei akan selalu berhubungan dengan kinerja dari para calon presiden itu sendiri. Jika kinerja baik, maka elektoral akan membuntuti.

"Menurut saya, survei itu tidak selalu mengeluarkan hasil survei. Survei bisa relevan kalau sudah berpasangan dan kadang survei juga tidak memetakan politik," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Rabu (23/2).

Eks Wali Kota Bandung itu mencontohkan, pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018, berdasarkan beberapa survei, pasangan Sudrajat-Syaikhu selalu menunjukkan hasil terbawah di antara pasangan yang lainnya.

Namun saat pemilihan, justru pasangan Sudrajat-Syaikhu, namanya melejit dan naik ke urutan ke dua.

Sehingga, fenomena ini harus dipertimbangkan, sekaligus membuktikan bahwa survei tidak selamanya menunjukkan hasil akhir.

Ridwan Kamil menanggapi hasil survei litbang Kompas soal dirinya masuk dalam daftar capres 2024 menempati peringkat ketujuh.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News