Ono Surono: Milenial Harus Mampu Menjawab Berbagai Persoalan Bangsa

Rabu, 23 Februari 2022 – 16:57 WIB
Ono Surono: Milenial Harus Mampu Menjawab Berbagai Persoalan Bangsa - JPNN.com Jabar
Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono. Fathan S/JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengingatkan beberapa hal yang perlu diperhatikan generasi Milenial dan Alpha. Pasalnya, sebagai generasi penerus milenial ditantang harus mampu menjawab berbagai persoalan bangsa saat ini.

"Semangat nasionalisme generasi muda saat ini harus dapat dimanifestaikan sebagai sebuah cara pandang dalam melakukan pemetaan posisi dan penyusunan rangkaian rencana untuk menjawab tantangan zaman saat ini," ucap Ono dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, Rabu (23/2).

Ono mencontohkan, di negara-negara yang dianggap sudah memiliki sistem demokrasi dan perekonomian yang baik, generasi muda memiliki peranan yang penting.

"Sejarah mencatat adanya fenomena flower generation (generasi bunga) yang merebak di negara-negara di Eropa Barat dan Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Sejarah juga mencatat demonstrasi besar-besaran menentang perang Vietnam di Amerika Serikat yang dimotori oleh generasi muda," ungkapnya.

Menurut Ono, demonstrasi para kaum intelektual yang dilakukan di Perancis pada tahun-tahun 1960-an dan 1970-an juga dimotori oleh para kaum muda milenial pada zamannya.

Kemudian, lanjut Ono, di Indonesia peristiwa Kongres Pemuda II pada tahun 1928 yang yang di pelopori kaum milenial pada saat itu melahirkan Sumpah Pemuda merupakan sebuah teks yang tidak dapat dilepaskan dari konteks politik, sosial, dan budaya yang melingkupinya.

Oleh karena itu, persoalan kemiskinan, distribusi sumber daya ekonomi yang tidak merata, korupsi, penyalahgunaan narkoba, dan kebangaan terhadap budaya asing yang menjangkiti banyak kaum milenial saat ini merupakan kondisi objektif yang memerlukan penyikapan subjektif yang tepat.

"Dari titik inilah (berbagai persoalan bangsa) kemudian menyeruak berbagai persoalan yang dihadapi generasi muda saat ini," tutur Ono.

Generasi milenial harus memiliki rasa tanggungjawab atas bebagai persoalan bangsa. Mulai dari persoalan sosial, ekonomi dan politik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News