Kembangkan UMKM, Santri Ponpes Miftahul Falah Belajar Bisnis Pengolahan Keripik Talas

Senin, 29 Mei 2023 – 17:00 WIB
Kembangkan UMKM, Santri Ponpes Miftahul Falah Belajar Bisnis Pengolahan Keripik Talas - JPNN.com Jabar
Para santri di Ponpes Miftahul Falah di Desa Bubulak Kecamatan Bogor Barat, Kabupaten Bogor belajar mengolah keripik talas. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BOGOR - Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Falah di Desa Bubulak Kecamatan Bogor Barat, Kabupaten Bogor, mengembangkan bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi para santrinya.

Minat mereka didorong dan difasilitasi oleh relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Wilayah Jawa Barat melalui kegiatan pelatihan UMKM bagi para santri, khususnya di bidang usaha kuliner atau jajanan khas Bogor.

“Hari ini kami melaksanakan kegiatan Pelatihan UMKM Santri, yaitu pengolahan keripik talas yang bertempat di Kabupaten Bogor,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Jabar Hakiki dalam keterangannya, Senin (29/5).

Hakiki mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan dan menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Adapun tujuan lainnya ialah meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para santri.

“Tujuan dari kegiatan ini karena kami ingin meningkatkan ekonomi santri, ekonomi pondok pesantren dari kreativitas-kreativitas yang ada (memanfaatkan) dari sumber daya alam sekitar. Salah satunya adalah pengolahan keripik talas,” tuturnya.

Ia menambahkan, keripik talas merupakan salah satu produk kuliner khas Kabupaten Bogor karena talas banyak diproduksi oleh para petani lokal.

Sehingga, produk tersebut berpotensi mendatangkan keuntungan bagi para santri maupun pondok pesantrennya.

Santri di Ponpes Mifathul Falah Bogor belajar mengolah keripik talas sebagai salah satu oleh-oleh khas Bogor. Pelatihan ini digelar oleh Santri Dukung Ganjar.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News