Dorong Kemandirian Ekonomi Santri, SDG Jabar Gelar Pelatihan Kopi di Bandung

Kamis, 06 April 2023 – 20:51 WIB
Dorong Kemandirian Ekonomi Santri, SDG Jabar Gelar Pelatihan Kopi di Bandung - JPNN.com Jabar
Sukrelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jabar memberikan pelatihan pengolahan kopi di Ponpes Miftahul Huda Assaroji, Kabupaten Bandung. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) terus berkomitmen merangkul dan memberdayakan para santri di Indonesia. Hal itu dilakukan guna menciptakan kemandirian ekonomi santri dengan mengembangkan minat dan bakat.

Kali ini, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut menggelar pelatihan mengolah kopi bagi para santri dan warga di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Huda Assaroji, Kampung Pereng, Desa Cikawo, Kabupaten Pacet, Kabupaten Bandung.

"Kami menggelar pelatihan mengolah kopi dari hilir ke hulu bagi para santri Ponpes Miftahul Huda Assaroji dan warga sekitar. Kami juga mengadakan doa bersama warga di Kecamaten Pacet, Kabupaten Bandung," ucap Koordinator Wilayah SDG Jawa Barat Ach Hakiki dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Kamis (6/4).

Dia mengatakan, dalam menggelar kegiatan tersebut, pihaknya terinspirasi dari sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang merakyat dan peduli terhadap santri.

"Kami terinspirasi dari sosok Pak Ganjar. Beliau adalah sosok yang merakyat. Beliau sangat baik untuk dijadikan contoh sehingga kami melaksanakan kegiatan bersama santri dan masyarakat," ujar Hakiki.

Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut juga mengajak warga di sekitar ponpes ini untuk ikut berpartisipasi dalam pelatihan yang dapat membuka peluang usaha, yaitu pengolahan kopi.

"Kopi itu nanti bukan hanya santri dan pondok pesantren yang melakukan pengolahan, jual beli, dan sebagainya, melainkan warga sekitar juga ikut berpartisipasi," ungkapnya.

Diketahui, ponpes tersebut telah menghasilkan biji kopi yang nantinya bisa diolah menjadi bubuk kopi yang siap dikonsumsi.
"Karena Bandung adalah salah satu kabupaten yang hasil kopinya cukup baik di Indonesia. Sehingga cocok untuk dibawa dan diperkenalkan di daerah lain di Indonesia," ujarnya.

Sukrelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jabar memberikan pelatihan pengolahan kopi di Ponpes Miftahul Huda Assaroji, Kabupaten Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News