Survei Dishub Jabar: 43 Juta Warga Melakukan Mudik, Paling Banyak dari Kabupaten Bandung

Kamis, 06 April 2023 – 18:50 WIB
Survei Dishub Jabar: 43 Juta Warga Melakukan Mudik, Paling Banyak dari Kabupaten Bandung - JPNN.com Jabar
Ilustrasi mudik gratis. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Perhubungan mencatat puluhan ribu orang di Jawa Barat bakal melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Dalam survei yang dilakukan Dishub Jabar soal potensi pergerakan masyarakat pada masa mudik dan lebaran tahun 2023, hasilnya sebesar 87 persen masyarakat di Jabar diprediksi bakal melakukan perjalanan.

Dari data yang diterima, sebanyak 43,44 juta atau 87 persen masyarakat Jabar menyatakan bakal melakukan perjalanan tahun 2023 ini.

Dari jumlah itu, 43 persen di antaranya atay sekitar 18,68 juta menyatakan bahwa mudik menjadi alasan mereka melakukan perjalanan.

Sementara 37 persen lainnya atau 16,07 juta menyatakan akan melakukan tradisi untuk berkunjung ke sanak saudari dan 11 persen atau 4,77 juta lainnya akan melakukan perjalanan untuk berwisata.

Sisanya, ada 3,8 juta yang bakal melakukan perjalanan lain dan juga tugas pekerjaan.

Hasil survei itu juga menyatakan jika prefrensi moda transportasi yang dipilih ialah 30 persen mobil pribadi, 21 persen sepeda motor, 14 persen bus dan 14 persen kereta api.

Selain itu, Dishub Jabar memprediksi puncak arus mudik lebaran akan terjadi pada H-2 atau Kamis (20/4). Sedangkan arus balik terjadi pada H+2 atau Selasa (25/4).

Dishub Jabar melakukan survei soal potensi pergerakan masyarakat pada masa mudik dan lebaran tahun 2023. Hasilnya begini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News