Merasa Dicurangi Dalam Ajang Porprov XIV, KONI Depok Somasi KONI Jabar

Senin, 21 November 2022 – 19:55 WIB
Merasa Dicurangi Dalam Ajang Porprov XIV, KONI Depok Somasi KONI Jabar - JPNN.com Jabar
Ketua KONI Depok Herry Suprianto (tengah) didampingi Koordinator Monitoring Wilayah Kabupaten Bandung dan Bandung Barat (kiri), serta Kabid Organisasi. Foto : KONI Depok.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Merasa dicurangi dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Tahun 2022, Ketua dan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Depok melayangkan somasi kepada KONI Jawa Barat (Jabar).

“Kami merasa dicurangi bahkan dizalimi di kejuaraan terbesar di Jawa Barat ini, untuk itu kami melayangkan somasi ke KONI Jabar,” kata Ketua KONI Kota Depok, Herry Supriatno, Senin (21/11).

Herry sangat menyayangkan gelaran Porprov yang diselenggarakan di sembilan kota atau kabupaten se-Jabar harus ternoda dengan tindakan yang tidak terpuji oleh penyelenggara.

Padahal dalam penyelenggaraan tersebut terdapat aturan dalam ketentuan awal yang diatur dalam Technical Hand Book (THB).

Berdasarkan SK Nomor 134, tentang diperbolehkannya atlet yang tidak mengikuti Babak Kualifikasi (BK) bertanding dalam Porprov yang dikeluarkan dan ditandatangani Ketua KONI Jawa Barat.

“Dalam SK 134 itu sangat jelas, terjadi aturan yang hanya menguntungkan tuan rumah dan KONIDA lain yang terbiasa membeli atlet dari provinsi lain semata-mata untuk mengeruk perolehan medali emas,” terang Herry.

Dirinya menyebut pada cabang olahraga (cabor) Atletik dirinya menganggap terjadi sebuah kecurangan, lantaran ada peserta yang tidak mengikuti BK.

“Pada cabang olahraga Atletik, aturan yang kami anggap salah adalah peserta yang kelebihan umur dan adanya ‘atlet siluman’ turun bertanding dan tidak mengikuti BK, padahal lolos BK merupakan syarat utama untuk dapat ikut bertanding di Porprov 2022. Pada umumnya ‘atlet siluman’ tersebut adalah atlet yang telah berprestasi di tingkat nasional dari provinsi lain,” bebernya.

Merasa dicurangi dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Tahun 2022, KONI Depok layangkan somasi kepada KONI Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News