Pemprov Jabar Terima Barang Bukti Hasil Korupsi Dana Bos Ratusan Juta Rupiah

Kamis, 01 September 2022 – 22:15 WIB
Pemprov Jabar Terima Barang Bukti Hasil Korupsi Dana Bos Ratusan Juta Rupiah - JPNN.com Jabar
Pemprov Jabar Terima Barang Bukti Hasil Korupsi Dana Bos Ratusan Juta Rupiah. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BOGOR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menerima barang bukti uang hasil tindak pidana korupsi dana bos di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor.

Penyerahan uang senilai Rp 985.485.200 dilakukan langsung di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bogor pada Jumat (9/1).

Asisten Daerah 1 (Asda) bidang kesra, Dewi Sartika mengatakan, penyerahan barang bukti berupa pengembalian uang hasil tindak pidana korupsi ini mejadi yang pertama diterima Pemprov Jabar.

Pasalnya, barang bukti uang hasil tindak pidana korupsi yang berada di lingkungan Pemprov Jabar biasanya langsung disita untuk masuk ke kas negara dalam hal ini pemerintah pusat.

"Ini adalah yang pertama kali dan tentu saja kami sangat mengapresiasi begitu bagi kinerja kejaksaan negeri kota Bogor dalam rangka pengembalian ke kas pemerintah atau kepada kas negara dan ini ke pemerintah daerah provinsi Jawa barat," ucap Dewi dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com.

Dewi menuturkan, pihaknya akan segera melaporkan pengembalian barang bukti tersebut ke pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud ristek.

Selain itu, kata Dewi, Pemprov Jabar sangat mengapresiasi Putusan Mahkamah Agung yang memerintahkan pengembalian barang bukti uang ke Kas Daerah, sebagai pihak yang mengelola rekening Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2017, 2018, dan 2019, termasuk Kota Bogor.

"Kami berharap hal ini bisa menjadi yurisprudensi untuk tindak pidana korupsi lainnya yang melibatkan keuangan daerah," ujar Dewi.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menerima barang bukti uang hasil tindak pidana korupsi dana bos di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News