BPOM Bandung Amankan Ribuan Kosmetik Tak Layak Edar, Paling Banyak dari Wilayah Ini

Rabu, 03 Agustus 2022 – 13:59 WIB
BPOM Bandung Amankan Ribuan Kosmetik Tak Layak Edar, Paling Banyak dari Wilayah Ini - JPNN.com Jabar
Petugas BPOM dalam ekspose penemuan ribuan kosmetik ilegal, tidak layak edar dan kedaluwarsa di wilayah Jawa Barat. Foto: Sources for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bandung mengamankan ribuan kosmetik ilegal yang beredar di wilayah Jawa Barat.

Dalam pengungkapan kali ini, BPOM menyita kosmetik ilegal, tanpa izin edar, kedaluwarsa, dan mengandung bahan berbahaya di delapan kota/kabupaten. Hasilnya, ada 3.826 item dari 183 jenis produk kosmetik ilegal.

“Kami melakukan penertiban pasar dari kosmetik ilegal dan obat-obatan berbahaya di delapan kabupaten kota di Jabar,” kata Kepala BPOM Bandung Sukriadi Darma di Kantor BPOM Bandung, Rabu (3/8).

Sukriadi mengungkapkan, dari delapan kabupaten kota, Kabupaten Karawang menjadi wilayah paling banyak ditemukan kosmetik berbahaya. Nominalnya mencapai Rp 264.000.000 dari 3.800 item.

Adapun wilayah lainnya yang ditemukan kosmetik ilegal yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bekasi, Subang, dan Purwakarta.

Total kosmetik ilegal yang diamankan di Karawang mencapai 2.178 item.

“Tiga kategori kosmetik ilegal yaitu masa kedaluwarsa berakhir, kosmetik tanpa izin edar dbuat di luar negeri dan di Indonesia. Paling banyak tanpa izin edar dibuat di Indonesia,” ujarnya.

Sukriadi menyebutkan, petugas menemukan kosmetik ilegal di sejumlah tempat. Di antaranya klinik kecantikan, salon maupun grosir.

BPOM Bandung mengamankan ribuan kosmetik ilegal dan tidak layak edar di delapan wilayah Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News