Usut Keberadaan Khilafatul Muslimin, Polres Sukabumi Gali Informasi Lewat 7 Orang Ini

Jumat, 10 Juni 2022 – 23:25 WIB
Usut Keberadaan Khilafatul Muslimin, Polres Sukabumi Gali Informasi Lewat 7 Orang Ini - JPNN.com Jabar
Penyidik Satreskrim Polres Sukabumi tengah melakukan pemeriksaan terhadap pengurus Ponpes Khilafatul Muslimin. Pemeriksaan ini terkait kasus organisasi Khilafatul Muslimin yang dinilai menyebarkan paham yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. ANTARA/Aditya Rohman

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Polres Sukabumi terus mengusut keberadaan organisasi Khilafatul Muslimin di Kabupaten Sukabumi, yang diduga menyebarkan paham bertentangan dengan ideologi Pancasila.

"Kami sudah menyambangi langsung Ponpes Khilafatul Muslimin yang berada di Kecamatan Cikembar dan melakukan pemeriksaan interview klarifikasi terhadap tujuh orang yang terkait keberadaan organisasi ini," kata Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP I Putu Asti Hermawan Santosa, Jumat (10/6).

Menurut Hermawan, pada kasus ini pihaknya juga sudah memeriksa sejumlah pihak mulai dari pimpinan Ponpes Khilafatul Muslimin beserta sejumlah santrinya.

Pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap aktivitas yang dilakukan organisasi ini di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Polisi pun masih melakukan pemanggilan terhadap sejumlah pihak yang terkait dalam organisasi untuk memberikan keterangan, sekaligus melakukan klarifikasi keterkaitan dengan organisasi Khilafatul Muslimin yang dinilai ajarannya bertentangan paham ideologi Pancasila.

"Sampai saat ini masih kami dalami melalui serangkaian pemeriksaan, apakah Ponpes Khilafatul Muslimin yang ada di Kabupaten Sukabumi ada keterkaitan dengan daerah lain," ujarnya.

Hermawan mengatakan dalam mengusut kasus ini pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi lain, serta mengimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu yang belum tentu kebenarannya. (antara/jpnn)

Polres Sukabumi terus mengusut keberadaan organisasi Khilafatul Muslimin, yang diduga menyebarkan paham bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News