Pegi Setiawan Menang Praperadilan, Pengamat: Publik Semakin Meragukan Kinerja Polisi

Senin, 08 Juli 2024 – 19:40 WIB
Pegi Setiawan Menang Praperadilan, Pengamat: Publik Semakin Meragukan Kinerja Polisi - JPNN.com Jabar
Tim hukum Polda Jabar saat mendengarkan putusan hakim praperadilan Pegi Setiawan di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (8/7/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat terpaksa harus menaggung malu atas penetapan tersangka kepada Pegi Setiawan, dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon tahun 2016 silam.

Pasalnya, Pegi menggugat praperadilan penetapan tersangka kepadanya dan berhasil menang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

Hakim Eman Sulaeman pun memenangkan gugatan Pegi, sekaligus menegaskan adanya kekeliruan dalam penetapan tersangka kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Merespons hal tersebut, Pengamat Kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto menilai kepercayaan publik atas kinerja polisi semakin berkurang, setelah Polda Jabar kalah dalam gugatan praperadilan Pegi Setiawan.

Bambang mengatakan, kelalaian polisi yang gegabah dalam menetapkan tersangka membuat kepercayaan publik pada institusi Polri semakin berkurang.

Ini membuktikan jika ada penyalahgunaan kekuasaan dalam penetapan tersangka pembunuhan yang terjadi tahun 2016 silam.

“Artinya publik akan semakin meragukan kinerja dan hasil kerja penyidik kepolisian ke depan,” kata Bambang kepada JPNN, Senin (8/7).

“Bahwa dengan kewenangan yang besar yang diberika negara tanpa ada kontrol dan pengawasan yang ketat, dan sistem yang transparan dan akuntabel, risikonya mereka bisa melakukan abuse of power dalam penetapan seseorang menjadi tersangka,” sambung dia.

Pengamat Kepolisian Bambang Rukminto mengomentari gugatan praperadilan Pegi Setiawan yang dikabulkan hakim Pengadilan Negeri Bandung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News