KPAID: 52 Kasus Kekerasan Terhadap Anak Terjadi di Kota Bogor Sepanjang Tahun 2023

Selasa, 30 Januari 2024 – 13:45 WIB
KPAID: 52 Kasus Kekerasan Terhadap Anak Terjadi di Kota Bogor Sepanjang Tahun 2023 - JPNN.com Jabar
Potret kegiatan dialog interaktif KPAID bersama Forkopimda Kota Bogor, di Gedung Serbaguna DPRD Kota Bogor. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) menggelar dialog interaktif bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Gedung Serbaguna DPRD Kota Bogor, pada Selasa (30/1).

Selain Forkopimda Kota Bogor, kegiatan yang mengusung tema "Optimalisasi Pengawasan Menuju Kota Bogor Bebas Kekerasan Terhadap Anak" itu juga dihadiri perwakilan kepala sekolah dan komunitas peduli perempuan dan anak se-Kota Bogor.

Ketua KPAID Kota Bogor, Dede Siti Amanah mengatakan kegiatan tersebut digelar guna menyelaraskan pergerakan dan kebijakan dalam menekan angka kekerasan terhadap anak.

"Ini adalah bentuk ikhtiar kami untuk menguatkan kelembagaan, mendorong dan menampung aspirasi seluruh pihak elemen masyarakat terkait dengan pemenuhan hak anak di Kota Bogor," katanya.

Dede mengatakan pada 2023 kemarin, jumlah kasus kekerasan terhadap anak yang masuk ke dalam aduan dan layanan KPAID berjumlah 52 kasus yang berasal dari enam kecamatan yang ada di Kota Bogor.

"Hal ini tentunya perlu keterlibatan semua pihak dalam menangani kasus kekerasan terhadap anak, baik kasus yang masuk ke KPAID, DP3A Kota Bogor, Unit PPA Polresta Bogor Kota, Kejaksaan Negeri Kota Bogor dan Pengadilan Negeri Kota Bogor, agar bisa diberantas sampai ke akarnya," ujarnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini, semua pihak bisa ikut terlibat dalam menekan jumlah kasus kekerasan terhadap anak, serta terciptanya satu kebijakan dan gerakan konkret demi mewujudkan Kota Bogor sebagai kota ramah anak.

"Semoga yang hadir hari ini bisa menjadi mesin penggerak dalam meminimalisir kasus kekerasan terhadap anak, jadi kita harus bersama dan bersinergi memberantas kasus kekerasan terhadap anak," tutupnya. (mar7/jpnn)

Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) mencatat sebanyak 52 kasus kekerasan terhadap anak terjadi di Kota Bogor di sepanjang tahun 2023.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News