Juni 2023 Nanti Rest Area Gunung Mas Siap Beroperasi

Kamis, 30 Maret 2023 – 17:10 WIB
Juni 2023 Nanti Rest Area Gunung Mas Siap Beroperasi - JPNN.com Jabar
Potret Rest Area Gunung Mas di Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor. Foto Ilustrasi: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Setelah bertahun-tahun dikerjakan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan segera mengoperasionalkan Rest Area Gunung Mas, di Jalur Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan operasional Rest Area Gunung Mas bertujuan memfasilitasi para pedagang kaki lima (PKL) yang ada di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor.

"Persiapan dilakukan agar rest area ini bisa segera beroperasi. Mudah-mudahan dengan beroperasinya rest area nanti bisa memfasilitasi PKL yang ada di sekitaran Puncak," ujarnya, dikutip Kamis (30/3).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menerangkan pembangunan Rest Area Gunung Mas itu telah dilakukan sejak 2020.

Pembangunan kios tahap satu dilakukan pada 2020 dan tahap dua dilakukan pada 2021 berupa pemagaran kawasan dan pembangunan monumen rest area.

"Kami telah membangun 516 kios di kawasan rest area. Tahap 1 sebanyak 448 kios dan tahap 2 sebanyak 68 kios, dengan dua tipe yakni tipe kios kering dan kios basah. Mudah-mudahan Juni nanti rest area ini bisa beroperasi," ujarnya.

Pembangunan rest area ini tidak dilakukan sendiri oleh Pemkab Bogor, melainkan dilakukan secara kolaborasi bersama Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR.

Kolaborasi tersebut antara lain pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana rest area oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, kemudian pelaksanaan pembangunan jalan lingkar oleh Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, sementara Pemkab Bogor membangun kiosnya. (mcr19/jpnn)

Pemkab Bogor sebut Rest Area Gunung Mas di Jalur Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, akan segera beroperasi pada Juni 2023 mendatang.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News