Rp15,3 Triliun Digelontorkan Pemerintah Demi Membangun Tol Sentul Selatan-Karawang Barat

Senin, 27 Maret 2023 – 11:35 WIB
Rp15,3 Triliun Digelontorkan Pemerintah Demi Membangun Tol Sentul Selatan-Karawang Barat - JPNN.com Jabar
Rencana trase Tol Sentul Selatan-Karawang Barat. (ANTARA/HO-BPJT KemenPUPR)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Bogor menyambut pembangunan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) mulai tahun ini.

"Ini salah satu proyek nasional yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bogor pada 2023 ini," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra.

Suryanto menyebutkan tol tersebut melewati tiga daerah di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Kabupaten Bogor menjadi daerah paling banyak terkena pembangunan tol, yakni seluas 2.997 kilometer persegi.

Berdasarkan data dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Tol Sentul Selatan-Karawang Barat juga melintasi wilayah Kabupaten Bekasi seluas 1.274 kilometer persegi, dan Kabupaten Karawang seluas 1.753 kilometer persegi.

Tol Sentul Selatan-Karawang Barat dengan panjang 61,5 kilometer itu direncanakan akan terhubung dengan empat tol yang telah ada, yaitu Tol Jagorawi dan Tol Bogor Ring Road di sisi Selatan. Kemudian, Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Cikampek Selatan di sisi Utara.

Tol dengan biaya investasi Rp15,376 triliun itu diharapkan dapat menjadi rute alternatif.

Selain itu, keberadaan tol ini juga diharapkan dapat mengurai lalu lintas serta menjadi akses untuk mendukung pengembangan kawasan industri, pertanian, dan pariwisata di tiga kabupaten tersebut.

Pemkab Bogor menyambut pembangunan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat yang akan dilaksanakan KemenPUPR mulai tahun ini, dengan biaya investasi Rp15,376 triliun.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News