Kakorlantas Polri Harapkan Program Mudik Gratis Bisa Tekan Angka Pemudik Roda Dua

Kamis, 16 Maret 2023 – 17:53 WIB
Kakorlantas Polri Harapkan Program Mudik Gratis Bisa Tekan Angka Pemudik Roda Dua - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pemudik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berharap program mudik gratis yang digagas pemerintah dapat mengurangi jumlah pemudik kendaraan roda dua.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi, kecelakaan lalu lintas masih didominasi oleh masyarakat yang menggunakan kendaraan jenis roda dua.

"Dari evaluasi kami, kecelakaan masih didominasi oleh kendaraan roda dua, ya jadi roda dua ini didesain untuk jarak yang tidak jauh," kata Firman di Bandung, Kamis (16/3).

Maka dari itu, Kata Firman, pihaknya mengharapkan pemudik dapat memanfaatkan layanan mudik gratis yang digulirkan pemerintah.

"Kami menyarankan mudik gratis gitu, kami tunggu ya motornya biar naik kereta, truk atau naik kapal sementara masyarakat menggunakan bus supaya tujuan mudik aman, selamat, nyaman, dan berkesan," tuturnya.

"Jadi, imbauan kami tetap jangan menggunakan kendaraan roda dua karena faktor kelelahan ya mungkin akan dirasakan oleh para anggota masyarakat kita yang akan mudik," sambungnya.

Ia menambahkan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan manajemen pengaturan lalu lintas untuk mengantisipasi angka kecelakaan mudik.

Diharapkan, jumlah kecelakaan bisa menurun bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Korlantas Polri berharap masyarakat memanfaatkan layanan mudik gratis yang diluncurkan pemerintah dan tidak lagi mudik pakai motor.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News