Rp 4,7 Miliar Digelontorkan Pemerintah Demi Menanggulangi Banjir Bekasi

Senin, 13 Maret 2023 – 19:45 WIB
Rp 4,7 Miliar Digelontorkan Pemerintah Demi Menanggulangi Banjir Bekasi - JPNN.com Jabar
Uang rupiah. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelontorkan sedikitnya Rp4,7 miliar untuk penanggulangan banjir yang melanda daerah itu sepanjang dua pekan terakhir melalui pendistribusian bantuan logistik serta perbaikan saluran air bermasalah.

"Senin pencairan pertama Rp2,8 miliar. Kemudian kemarin dicairkan kembali Rp1,9 miliar. Anggaran ada di berbagai dinas tetapi pencairan oleh BPBD, mereka yang mengkoordinasikan," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Bekasi, Hudaya.

Dia mengatakan alokasi anggaran itu digunakan setelah Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menetapkan status tanggap darurat bencana hidrometeorologi.

Status ini dinaikkan dari sebelumnya siaga darurat setelah banjir meluas hingga hampir melanda seluruh kecamatan di wilayahnya.

Pencairan anggaran kedaruratan itu mulai dilakukan pada awal pekan ini dan dialokasikan untuk berbagai keperluan terutama bantuan logistik warga terdampak.

Anggaran juga dialokasikan untuk kebutuhan obat-obatan karena banyak warga yang mengeluhkan berbagai penyakit lantaran terdampak banjir.

Tidak hanya itu, anggaran dialokasikan untuk perbaikan sejumlah saluran air. Hal ini dilakukan lantaran terdapat beberapa titik banjir yang diakibatkan oleh saluran air yang tersumbat.

"Jadi dari berbagai dinas, seperti obat-obatan dari Dinas Kesehatan dan ada juga dari Dinas Sosial untuk bantuan pangan. Kemudian dari Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi untuk perbaikan saluran air," ucapnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelontorkan sedikitnya Rp4,7 miliar untuk penanggulangan banjir yang sudah melanda sekitar dua pekan terakhir.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News