Atasi Kemacetan, Dishub Jabar dan Kemenhub Siapkan Moda Transportasi Mirip TransJakarta

Selasa, 07 Maret 2023 – 14:10 WIB
Atasi Kemacetan, Dishub Jabar dan Kemenhub Siapkan Moda Transportasi Mirip TransJakarta - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menaiki Bandung Rapid Transit (BRT) di Kota Bandung. Foto: Biro Adpim Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah membahas transportasi massal mirip bus TransJakarta yang ada di kawasan Jabodetabek.

Rencananya, Bus Rapid Transit (BRT) akan mulai mengaspal pada tahun 2025.

Analis Angkutan Darat Dishub Jabar Teviani Wulansari menuturkan, keberadaan transportasi massal di kawasan Bandung raya sudah sangat mendesak.

Kemacetan terus terjadi sepanjang hari pada jam berangkat dan pulang kerja.

“Kami saat ini masih menyiapkannya bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Rencananya akan ada pilot project pada (tahun) 2024,” katanya di Bandung, Selasa (7/3).

Dia menuturkan, transportasi bus ini nantinya akan menggunakan jalur khusus. Harapannya tidak ada lagi kemacetan di tengah kota sehingga masyarakat bisa pindah dari penggunaan kendaraan pribadi ke uumum.

Sementara untuk trayek, BRT tersebut akan meluncur dari perbatasan Cimahi – Bandung atau sekitar Elang menuju ke Terminal Cicaheum.

Nantinya akan ada beberapa kawasan yang dilalui seperti Ciroyom, Asia Afrika, Ahmad Yani, hingga terakhir di Cicaheum.

Mengatasi kemacetan di Bandung Raya, Dishub Jabar dan Kemenhub bakal membuat BRT, moda transportasi massal mirip TransJakarta,
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News