Kunjungi Ponpes Al Ittifaq di Kabupaten Bandung, Presiden Jokowi Mengaku Kaget

Senin, 06 Maret 2023 – 19:00 WIB
Kunjungi Ponpes Al Ittifaq di Kabupaten Bandung, Presiden Jokowi Mengaku Kaget - JPNN.com Jabar
Presiden Joko Widodo seusai berkegiatan di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin (6/3). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Presiden Joko Widodo mengaku kaget sekaligus kagum dengan adanya Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) Al-Ittifaq di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Jokowi pun memuji manajemen kopontren yang dinilai berhasil dan bisa ditiru ponpes-ponpes lain di Indonesia.

“Saya merasa kaget, kagum bahwa ada pondok pesantren yang memiliki manajemen yang baik dalam bisnis pertaniannya. Yang berangkatnya tidak dari produksi, tetapi permintaan pasar,” kata Jokowi saat berkunjung ke Ponpes Al Ittifaq di Kabupaten Bandung, Senin (6/3).

Lebih lanjut, Presiden juga menyebut bahwa manajemen bisnis Kopontren Al Ittifaq bisa ditiru oleh koperasi pada ponpes lainnya dalam meningkatkan bisnis pertanian.

Menurutnya, koperasi bentukan Ponpes Al Ittifaq ini memiliki manajemen yang terencana.

“Perencanaan yang dilakukan di Ponpes Al Ittifaq betul-betul sangat baik dan bisa dijadikan role model, bisa jadi model bisnis, tinggal difotokopi saja,” ujarnya.

Ketika berdialog dengan para petani dan pelaku UMKM di Kabupaten Bandung itu, peserta menyampaikan keluhannya terkait permasalahan teknis yang dialami di wilayahnya.

Orang nomor satu di Indonesai itu pun memberi arahan kepada Bank Indonesia dan Kementerian Koperasi dan UKM untuk mengatasi dan membantu para pelaku koperasi lainnya.

Presiden Jokowi memuji manajemen koperasi pondok pesantren (Kopontren) Al Ittifaq di Kabupaten Bandung. Minta ditiru ponpes-ponpes lainnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News