Kehadiran Kolam Retensi Andir Bikin Warga Baleendah Semringah: Tak Takut Banjir Lagi

Minggu, 05 Maret 2023 – 21:00 WIB
Kehadiran Kolam Retensi Andir Bikin Warga Baleendah Semringah: Tak Takut Banjir Lagi - JPNN.com Jabar
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam peresmian Kolam Retensi Andir di Kabupaten Bandung, Minggu (5/3). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ratusan warga di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung sangat senang bisa bertemu Presiden Joko Widodo.

Orang nomor satu di Indonesia itu datang untuk meresmikan Kolam Retensi Andir.

Infrastruktur penampung air seluas 149 hektare ini dibangun untuk mengurangi banjir yang kerap terjadi di pemukiman warga di kawasan tersebut.

Bahkan wilayah Baleendah dan Dayeuhkolot menjadi langganan banjir tahunan apabila memasukim musim hujan.

Dibangun sejak tahun 2020, Kolam Retensi Andir menjadi pelengkap keberadaan Kolam Retensi Cienteung yang sama-sama berada di Baleendah.

Manfaat keberadaan kolam retensi pun dirasakan Nur Nenah (42). Warga RW 13 Kelurahan Andir ini menuturkan, dia sudah sejak bayi tinggal di sini.

Nur pun merasakan bagaimana sulitnya warga ketika banjir setiap tahun melanda tempat tinggalnya.

Setelah ada kolam ini, katanya, dia merasakan dampak positif. Banjir sudah tidak lagi menghampiri rumah dia dan tetangga.

Kolam Retensi Andir di Kabupaten Bandung sudah diresmikan Presiden Jokowi. Begini harapan warga sekitar pascakehadiran kolam retensi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News