Solusi Banjir Karawang, Kementerian PUPR Siap Bangun Dua Polder Lagi

Minggu, 05 Maret 2023 – 20:20 WIB
Solusi Banjir Karawang, Kementerian PUPR Siap Bangun Dua Polder Lagi - JPNN.com Jabar
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengendarai mobil bersama Presiden Joko Widodo dan istri Iriana, saat peresmian Kolam Retensi Andir di Kabupaten Bandung, Minggu (5/3). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Menteri Pekerjaan Umum dan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa pemerintah telah berupaya meminimalisir banjir yang sering terjadi di kawasan yang berada di sekitar daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

Mulai dari hulu, tengah dan hilir dibangun berbagai infrastuktur agar masyarakat tidak lagi terdampak banjir.

Misalnya, dengan keberadaan Sodetan Cisangkut yang membuat debit air yang masuk ke daerah Dayeuhkolot, dari biasanya 230 meter kubik per detik, kini menyisakan lima meter kubik per detik.

“Kemudian ada kolam retensi Gedebage, Cieunteung, dan Andir, makanya sekarang tidak banjir lagi. Rumah (warga) juga harga tanahnya pun naik,” katanya saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan Kolam Retensi Andir di Kabupaten Bandung, Minggu (5/3).

Di sisi lain, Kementerian PUPR pun telah membangun lima polder, yaitu Cipalasari-1 dengan catchment area seluas 29,79 hektare dan volume tampungan 1.125 meter kubik.

Kemudian, Polder Cipalasari-2 (catchment area 11,79 hektare dan volume 1.125 meter kubik); Polder Cijambe Barat (catchment area 78,20 hektare dan volume 1.125 meter kubik); Polder Cijambe Timur (catchment area 58,60 hektare dan volume 1.125 meter kubik); serta Polder Cisangkuy (catchment area 7,85 hektare dan volume 450 meter kubik).

Basuki menuturkan, akan ada dua polder lagi yang akan dibangun sehingga nantinya total terdapat tujuh polder.

Dengan sarana dan prasarana ini maka sekitar 81 persen kawasan yang selama ini sering terkena banjir di sekitar DAS Citarum sudah tidak mengalaminya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun dua polder lagi untuk mengurangi banjir di wilayah Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News