Empat Warga Terinfeksi Difteri di Garut Sudah Sembuh

Sabtu, 04 Maret 2023 – 20:00 WIB
Empat Warga Terinfeksi Difteri di Garut Sudah Sembuh - JPNN.com Jabar
Ilustrasi penyakit. Foto: Pixabay

jabar.jpnn.com, GARUT - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat memastikan empat warga di Kabupaten Garut yang terinfeksi difteri kini sudah sembuh. Sementara 10 orang sisanya masih dalam perawatan.

“Angka terakhir itu 4 orang sudah sembuh. Sisanya tinggal 10 orang lagi dirawat," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Jabar Rochayadi dikonfirmasi, Sabtu (4/3).

Rochayadi menambahkan, kesembuhan empat orang ini dikarenakan langsung ditangani oleh tim tenaga kesehatan.

Sedangkan beberapa lainnya ada yang enggan berobat dan dirawat di Puskesmas maupun rumah sakit karena beberapa alasan.

“Jadi kalau dirawat, difteri itu bakal sembuh. Nah kebanyakan yang kami temui di lapangan ini masyarakat yang tidak mau berobat, atau karena lokasi yang sangat jauh dari lokasi layanan kesehatan. Makanya yang kemarin korban meninggal seperti itu kasusnya,” ucapnya.

Ia menambahkan, Dinkes Jabar bersama Kabupaten Garut terus melakukan vaksinasi kepada masyarakat, terutama untuk wilayah Kecamatan Cigedug, Garut yang banyak ditemukan kasus difteri.

“Target 11.220 warga di satu kecamatan di Garut supaya bisa mendapat vaksinasi. Hanya memang, capaiannya belum maksimal. Datanya baru 10 persen yang mendapat vaksin difteri,” ucapnya.

Adapun istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Atalia Praratya telah meninjau langsung kondisi difteri sekaligus vaksinasi di Kecamatan Cigedug, Garut.

Dinkes Jabar memastikan 4 warga terinfeksi difteri di Kabupaten Garut sudah sembuh, sementara 10 orang sisanya masih dalam perawatan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News