Keracunan Massal di Lembang, Bupati Hengky Kurniawan Curiga Warga Masih BAB Sembarangan

Selasa, 28 Februari 2023 – 19:01 WIB
Keracunan Massal di Lembang, Bupati Hengky Kurniawan Curiga Warga Masih BAB Sembarangan - JPNN.com Jabar
Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan seusai menjenguk para pasien yang diduga keracunan makanan di RSUD Lembang, Selasa (28/2). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan sore tadi mengunjungi pasien yang diduga keracunan makanan di Kampung Cijengkol RW 05, Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan driawat di RSUD Lembang.

Ada enam pasien yang perlu mendapatkan penanganan medis seusai menghadiri dan menyantap makanan dalam hajatan yang digelar pada Minggu (26/2).

Para pasien ini mengeluh diare, mual, hingga sakit kepala akibat mengonsumsi makanan hajatan itu.

Hengky menuturkan, peristiwa keracunan massal ini menjadi yang kedua terjadi di wilayah Bandung Barat. Sebelumnya, awal Februari ini juga terjadi peristiwa serupa di Kecamatan Gununghalu.

“Hari ini untuk kedua kalinya di dua bulan ini, pertama di Gununghalu, kedua di Lembang. Lalu dinkes bergerak cepat dengan membawa pasien atau masyarakat yang kondisinya parah ke RSUD Lembang,” katanya ditemui di RSUD Lembang, Selasa (28/2).

Kata Hengky, berkaca dari kasus keracunan massal di Gununghalu yang diduga berasal dari air yang tidak bersih dan terinfeksi bakteri pada makanan, Ia pun menduga kejadian ini bisa disebabkan karena sanitasi yang buruk.

Kendati demikian, pihaknya masih akan menunggu hasil laboratorium sampel makanan yang sudah diambil Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat.

“Kami belum tahu hasil lab ini, tetapi kemarin di Gununghalu kan dari air yang dipergunakan mencuci beras tidak bersih, kan memang di beberapa wilayah sebenarnya kami sudah,” tuturnya.

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menjenguk para pasien yang diduga keracunan makanan di Lembang dan dirawat di RSUD Lembang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News