Jumlah Warga Keracunan Massal di Lembang Bertambah Menjadi 215 Orang

Selasa, 28 Februari 2023 – 14:37 WIB
Jumlah Warga Keracunan Massal di Lembang Bertambah Menjadi 215 Orang - JPNN.com Jabar
Eulis (48), salah satu warga di Kampung Cijengkol, RW 05 Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat memperiksakan diri ke posko darurat setelah mengalami gejala mirip keracunan. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Sebanyak 215 warga di Kampung Cijengkol, RW 05 Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat mengeluhkan mual-mual, diare, hingga sakit kepala.

Mereka diduga mengalami keracunan seusai mengonsumsi makanan di hajatan sehari sebelumnya.

Kepala Desa Wangunsari Diki Rohani mengatakan, ratusan warga yang menghadiri hajatan pada Minggu (26/2), mengeluhkan sakit-sakit sehari setelahnya.

Berdasarkan data desa setempat, terdapat lebih dari 200 orang yang datang ke posko darurat yang memeriksakan diri kepada petugas medis.

“Jadi tadi jam 12.00 WIB itu ada 27 orang, tetapi yang dirawat itu yang sudah dipastikan dirawat itu ada 2, kemudian ini sedang ada ambulans kami sedang menjemput 3 orang lagi,” kata Diki ditemui di Posko Darurat Desa Wangunsari, Selasa (28/2).

Diki menuturkan, dari 200-an warga yang mengalami gejala mirip keracunan itu 12 di antaranya dirujuk ke RS dengan rincian dirawat sebanyak 7 orang di RSUD Lembang, 1 orang di RS Salamun, dan 1 di RS Advent, Kota Bandung.

“Yang ke Advent secara mandiri 1, ke Salamun 1, ternyata hari ini sudah ada yang diperiksa ke posko darurat ini sebanyak 27,” tuturnya.

Ia menjelaskan, para warga ini mengalami gejala awal seperti sakit perut, mual, dan yang paling banyak buang air besar terus menerus.

Jumlah warga yang diduga keracunan di Lembang bertambah menjadi 215 orang. Warga dirujuk ke sejumlah RS di Bandung Raya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News