Ratusan Warga di Lembang Keracunan Massal

Selasa, 28 Februari 2023 – 12:50 WIB
Ratusan Warga di Lembang Keracunan Massal - JPNN.com Jabar
Ilustrasi keracunan makanan massal. Ilustrator: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Ratusan warga di Kampung Cijengkol, RW 05 Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat menderita keracunan massal.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengatakan, saat ini petugas kesehatan sedang melakukan pendataan untuk jumlah kasus terkini.

"Betul, ada dugaan keracunan massal. Jumlahnya per sore tadi ada lebih dari 100 orang, saat ini masih dalam proses pendataan. Untuk jumlah pastinya masih kami verifikasi," katanya dikonfirmasi, Selasa (28/2).

Hernawan menyampaikan, ratusan warga ini mengeluhkan diare, mual, muntah, pusing, sampai lemas.

Mereka mulai mengalami keluhan medis setelah mengonsumsi makanan dari hajatan warga sehari sebelumnya.

"Dugaannya dari makanan dalam sajian acara hajatan warga. Kami juga sudah ambil sampel makanan untuk diuju di laboratorium kesehatan," tuturnya.

Sementara ini, kondisi warga yang mengalami keluhan medis itu dirawat di posko darurat. Sedangkan warga yang mengalami gejala berat dirujuk ke rumah sakit umum daerah (RSUD) Lembang.

"Ada yang dirujuk ke RSUD Lembang, ada 1 orang dirawat di RS Advent atas permintaan sendiri. Ada juga yang dirawat di Desa Wangunsari," ucapnya.

Ratusan warga di Kampung Cijengkol, Desa Wangunsari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat mengalami keracunan massal. Diduga berasal dari makanan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News