73 Tahun Berdiri Universitas Indonesia Telah Ciptakan Beragam Inovasi untuk Negeri

Kamis, 23 Februari 2023 – 19:30 WIB
73 Tahun Berdiri Universitas Indonesia Telah Ciptakan Beragam Inovasi untuk Negeri - JPNN.com Jabar
Potret Universitas Indonesia. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.com.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Selama 73 tahun berdiri Universitas Indonesia (UI) telah banyak melakukan pengembangan riset demi terciptanya produk inovasi yang bermanfaat untuk negeri.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro menyebut melalui kolaborasi dengan mitra dari pemerintah, pelaku bisnis dan komunitas, civitas academica UI mampu menciptakan produk-produk yang dampaknya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat dan industri.

Inovasi yang dihasilkan mulai dari produk alat kesehatan, makanan sehat, produk kecantikan, material maju, aplikasi teknologi informasi, alat transportasi, serta produk layanan edukasi.

“Saat ini UI sukses mencatat 1.155 daftar inovasi yang terdiri atas 1.098 hak cipta, 42 paten nasional terdaftar, 1 paten internasional terdaftar, 7 paten granted, 1 merek dan 6 desain industry,” ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (23/2).

Dia menerangkan produk UI yang berhasil didaftarkan dalam hak cipta yakni berupa buku panduan atau petunjuk, jurnal, karya ilmiah, modul, karya tulis, karya rekaman video dan program komputer.

Sementara, sebanyak 42 paten nasional meliputi 18 paten biasa dan 24 paten sederhana.

Kemudian 1 paten internasional berkaitan dengan energi, dan 7 patent granted merupakan inovasi di bidang rekayasa keteknikan, kesehatan, energi, kosmetika, dan transportasi.

Pada peringatan Dies Natalis Ke-73 UI yang mengusung tema ‘Inovasi untuk Indonesia Unggul’ merupakan wujud keseriusan peran akademisi dalam memberikan kontribusi bagi Indonesia.

Selama 73 tahun berdiri, Universitas Indonesia telah banyak melakukan riset untuk terciptanya inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News