Bandara kertajati Bakal Berangkatkan Calon Jemaah Haji Asal Ciayumajakuning

Sabtu, 18 Februari 2023 – 09:46 WIB
Bandara kertajati Bakal Berangkatkan Calon Jemaah Haji Asal Ciayumajakuning - JPNN.com Jabar
Ilustrasi jemaah haji Indonesia. Foto: Dok Kemenhub

jabar.jpnn.com, MAJALENGKA - Bandara Internasional Kertajati tahun ini direncanakan akan memberangkatkan calon jemaah haji (Calhaj) asal Jawa Barat.

Skema awal, calhaj yang berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning) serta Sumedang hingga Subang akan berangkat ke tanah suci melalui Bandara Kertajati.

“Planning awal sementara itu, Kertajati untuk pemberangkatan jemaah (asal) Ciayumajakuning, terus Sumedang dan Subang,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novrian dikonfirmasi, dikutip Sabtu (18/2).

Ia mengungkapkan, pihak Arab Saudi sudah melakukan kunjungan langsung untuk menilai kelayakan dari bandara yang berlokasi di Majalengka itu. Tidak hanya itu, mereka juga sudah memantau langsung fasilitasi asrama haji yang terletak di Indramayu.

“Kemarin ada kunjungan dari GK atau pihak Perhubungan dari Saudi terkait kesiapan Kertajati untuk haji tahun 2023. Alhamdulillah hasilnya positif GK sudah setuju, jadi Saudi Airlane itu bisa menggunakan bandara Kertajati dan juga sudah survei ke asrama haji dan mereka sangat puas dengan kondisi seperti itu, jadi mereka setuju Suadi airlane menggunakan bandara Kertajati tahun ini,” jelasnya.
Kendati demikian, Boy belum bisa memastikan ihwal jumlah calhaj yang akan berangkat dari Bandara Kertajati.

Sebab, sejauh ini belum ada penetapan kuota haji tiap provinsi dari pemerintah pusat.

“Kuota haji memang masih menunggu untuk tingkat provinsi, belum ditetapkan secara nasional masih menunggu Kementerian Agama, sedang disusun, mungkun satu atau dua hari ini atau Minggu ini, tidak akan lewat dari bulan ini,” terangnya.

Ia menambahkan, tahun lalu Jabar mendapatkan kuota sebanyak 38.700. Di tahun ini, diprediksikan jumlah kuota tak akan jauh berbeda dari tahun lalu.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan bahwa Bandara Internasional Kertajati akan mulai dipakai untuk keberangkatan calon jemaah haji 2023.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News