Inggit Garnasih Dinilai Layak Jadi Pahlawan Nasional, Begini Kata Ridwan Kamil

Jumat, 17 Februari 2023 – 13:47 WIB
Inggit Garnasih Dinilai Layak Jadi Pahlawan Nasional, Begini Kata Ridwan Kamil - JPNN.com Jabar
Potret sosok Inggit Garnasih, istri kedua Presiden Soekarno, dalam bingkai foto yang terpajang di Rumah Bersejarah Inggit Garnasih, Jalan Ciateul No 8, Astanaanyar, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat kembali mengusulkan Inggit Garnasih, tokoh wanita asli Jabar sebagai pahlawan nasional.

Pengusulan Inggit Garnasih sebagai pahlawan nasional ini menjadi yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya gagal karena masalah persyaratan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, sosok Inggit Garnasih sangat berkontribusi dalam kehidupan pribadi Presiden Pertama Soekarno.

Sebagai istri Bung Karno, Inggit banyak menemani suaminya di masa-masa sulitnya memperjuangkan kemerdekaan atas penjajahan Belanda.

“Kami mengusulkan di hari lahirnya ibu Inggit Garnasih untuk diusulkan sebagai pahlawan nasional. Ibu Inggit Garnasih kami anggap sangat-sangat berjasa karena pada saat bung Karno di penjara, baik di Banceuy maupun Sukamiskin, itu lagi terpuruk-puruknya yang menemani adalah ibi Inggit,” kata Ridwan Kamil di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (17/2).

Selain menemani, Inggit Garnasih juga disebut sudah banyak berkorban harta. Salah satunya adalah dengan membuat bedak yang kemudian penghasilannya dipakai untuk membelikan Soekarno makanan dan buku.

“Ibu Inggit sampai harus jual apa kemudian membuat usaha bikin bedak, bedaknya dijual, uangnya dipakai untuk membelikan makanan, dan buku yang akhirnya membuat bung Karno bangkit, lebih pintar, lebih cerdas,” jelasnya.

“Ujungnya akhirnya menjadi pergerakan, pergerakan menjadi kemerdekaan. Dari kemerdekaan, kita sekarang mendapatkan kenikmatan, menikmati kemajuan yang kita rasakan hari ini,” sambung Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjabarkan sejumlah alasan mengapa Inggit Garnasih dinilai layak sebagai pahlawan nasional.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News