Daftar Daerah yang Bakal Masuk ke Kabupaten Bekasi Utara, Wilayah Anda Termasuk?

Kamis, 16 Februari 2023 – 14:35 WIB
Daftar Daerah yang Bakal Masuk ke Kabupaten Bekasi Utara, Wilayah Anda Termasuk? - JPNN.com Jabar
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di sela musyawarah bersama para tokoh terkait kajian pembaruan usulan calon daerah pemekaran baru di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi memfasilitasi pelaksanaan diskusi terbuka membahas pembaruan kajian kapasitas daerah otonomi baru berdasarkan usulan kelompok masyarakat wilayah utara.

Usulan pemekaran wilayah yang tertunda selama 16 tahun itu akhirnya dibahas, meski mengacu kajian terbaru dengan opsi potensi pergeseran perubahan wilayah utara seperti kajian semula menjadi kota madya yang berpusat di Cikarang.

"Sesuai dengan prosedur, meskipun pernah dilakukan kajian pada 2008 tetapi tentu rentang waktu 16 tahun ini ada data di wilayah yang telah berubah. Untuk itu kami lakukan pembaruan yang bisa jadi berubah dari kajian sebelumnya," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Kamis (16/2).

Dia menjelaskan opsi pergeseran kajian itu disebabkan banyaknya perubahan di lapangan sehingga kajian 2008 dinilai tidak sepenuhnya relevan dengan kondisi yang ada.

Selain itu, kajian baru disusun karena ada perubahan regulasi baru terkait daerah pemekaran.

"Karena harus ada keseimbangan antara daerah otonomi baru dengan daerah induk. Kalau seimbang 100 persen sulit, tetapi jangan terlalu jomplang juga, maka atas dasar itu tim akan melakukan rekomendasi kajian baru. Nama daerah baru itu belum ditentukan, termasuk ibu kotanya," katanya.

Wacana pemekaran wilayah utara Kabupaten Bekasi telah diajukan sejak 2008.

Ketika itu, terdapat 13 kecamatan yang akan tergabung dalam daerah baru yakni Tambun Selatan, Tambun Utara, Cibitung, Tarumajaya, Muaragembong, Babelan, Karangbahagia, Tambelang, Pebayuran, Cabangbungin, Sukakarya, Sukawangi dan Sukatani.

Pemkab Bekasi kembali mengkaji wacana pemekaran Kabupaten Bekasi Utara. Berikut daftar daerah yang bakal masuk ke dalam Kabupaten Bekasi Utara.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News