165 Lulusan Sekolah Pemerintahan Desa Siap Mengabdi Untuk Masyarakat

Kamis, 09 Februari 2023 – 14:20 WIB
165 Lulusan Sekolah Pemerintahan Desa Siap Mengabdi Untuk Masyarakat - JPNN.com Jabar
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dalam wisuda peserta Sekolah Pemerintahan Desa di Kampus IPB University, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/2/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali mewisuda 165 perangkat desa di Institut Pertanian Bogor (IPB) University, yang merupakan program Sekolah Pemerintahan Desa 2022.

"Ini upaya kami untuk mempercepat pembangunan desa, dengan ilmu yang mereka dapat melalui program Sekolah Pemerintahan Desa ini," kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Sekolah Pemerintahan Desa yang melibatkan 55 desa itu pesertanya terdiri dari 165 orang, yaitu 55 kepala desa, 55 operator spasial dan 55 operator sosial.

Program yang sudah berjalan di tahun kedua ini dimulai sejak Oktober 2022 hingga akhir 2022 di Kampus IPB University, Dramaga, Kabupaten Bogor.

Iwan menyebutkan Bogor menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang memiliki program Sekolah Pemerintahan Desa dengan menggandeng IPB University.

"Kades dan apartur desa bisa mengaktualisasikan dan mengimplementasikan, untuk mengidentifikasi permasalahan seperti stunting, kemiskinan, RTLH dan lainnya. Jadi, ada data presisi yang akan dihasilkan dan diarahkan untuk menangani permasalahan yang ada," papar Iwan.

Program Sekolah Pemerintahan Desa ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Pemkab Bogor.

Program tersebut pertama kali dilaksanakan pada 2021 dengan jumlah 120 peserta, terdiri dari 40 kepala desa, 40 operator spasial, dan 40 operator sosial.

Pemkab Bogor meluluskan 165 wisudawan Sekolah Pemerintahan Desa 2022 di Institut Pertanian Bogor (IPB) University.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News