Potret Keheningan Perayaan Imlek di Wihara Dharma Ramsi Bandung

Minggu, 22 Januari 2023 – 11:30 WIB
Potret Keheningan Perayaan Imlek di Wihara Dharma Ramsi Bandung - JPNN.com Jabar
Petugas sedang menyalakan lilin Imlek di Wihara Dharma Ramsi, Gang Ibu Aisah, Jamika, Kota Bandung, Minggu (22/1). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Kota Bandung berlangsung meriah dan tertib.

Sudah lepas dari masa Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM), etnis Tionghoa menyambut tahun bershio kelinci air ini dengan suka cita.

Tapi tidak dengan Wihara Dharma Ramsi. Wihara yang berlokasi di Gang Ibu Aisah, Jamika itu sejak pagi hari sudah didatangi umat Tionghoa untuk sembahyang, tetapi tak banyak.  

Pengelola Wihara Dharma Ramsi, Asikin mengatakan kunjungan wihara tahun ini menurun dibandingkan kondisi sebelum pandemi Covid-19.

Kendati pemerintah sudah melonggarkan aturan, tetapi nyatanya hal itu belum memulihkan jumlah umat yang beribadah langsung ke wihara.

“Sesuai anjuran pemerintah, kami tetap waspada jadi kami tetap menjaga (protokol kesehatan),” kata Asikin ditemui JPNN di lokasi, Minggu (22/1).

Menurut Asikin, jumlah pengunjung ke Wihara Dharma Ramsi tersisa 25 persen.

“Malam tadi juga biasanya bejubel orang-orang, ini sepi,” tuturnya.

Perayaan Imlek di Wihara Dharma Ramsi tahun ini lebih sepi dari biasanya. Ketakutan masyarakat untuk beribadah karena virus corona menjadi penyebabnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News