1.700 Personel Polda Jabar Siap Jaga Duel Sengit Persib vs Persija

Selasa, 10 Januari 2023 – 14:40 WIB
1.700 Personel Polda Jabar Siap Jaga Duel Sengit Persib vs Persija - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Polisi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pengamanan pertandingan Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Rabu (11/1) akan dilakukan dengan skema yang berbeda.

Kali ini, polisi akan memaksimalkan fungsi petugas keselamatan dan keamanan atau stewards officer, di zona atau ring satu Stadion GBLA.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Polisi (Perpol) 10 Tahun 2022.

Sementara, otoritas pengaman di zona 1 tersebut sepenuhnya berada di bawah Panitia Penyelenggara (panpel) pertandingan.

“Kami melaksanakan pengamanan dengan sistem zona yang mana berdasarkan Perpol tersebut, zona satu dilaksanakan otoritas kewenangan penuh oleh Panpel, di mana di dalamnya ada Exco (Komite Eksekutif PSSI). Kemudian steward officer yang akan mengatur masalah pengamanan tersebut, sehingga tidak ada lagi polisi yang berjaga di zona satu,” kata Ibrahim di Bandung, Selasa (10/1).

Untuk anggota polisi, Ibrahim menyebut, pengamanan dilakukan di zona dua. Pihak kepolisian bakal berkoordinasi dengan steward officer terkait pengamanan tersebut.

“Apabila ada suatu insiden ini akan dilakukan koordinasi antara stewards dengan petugas pengaman kepolisian, sehingga ada pengambil alihan atau mungkin penyampaian terlebih dahulu kepada stewards untuk meminta bantuan. Kemudian pihak kepolisian akan menindaklanjuti sesuai dengan permintaan steward tersebut,” jelasnya.

Adapun dalam pertandingan besok akan dihadiri penonton di stadion. Namun sesuai kesepakatan, hanya pendukung Persib saja yang diperbolehkan datang. Suporter lawan atau Jakmania dilarang datang di stadion.

Polda Jabar menyampaikan akan ada skema berbeda dalam pengamanan pertandingan Persib vs Persija.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News