Dugaan 'Koncoisme' Ridwan Kamil dan Sembilan Matahari Dalam Proyek Konten Masjid Al Jabbar

Selasa, 10 Januari 2023 – 07:59 WIB
Dugaan 'Koncoisme' Ridwan Kamil dan Sembilan Matahari Dalam Proyek Konten Masjid Al Jabbar - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung. Foto: Biro Adpim Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Jawa Barat bereaksi keras atas penunjukan tender Sembilan Matahari untuk konten Masjid Raya Al Jabbar. Penunjukan langsung Sembilan Matahari diduga ada unsur persekongkolan.

Adapun dalam penunjukan tender itu, jumlah pagu yang ditawarkan Rp 14,5 miliar untuk mengelola konten di Museum Nabi itu.

Peneliti Senior FITRA Jabar Nandang Hermawan mengatakan, apabila dilihat dari sisi normatif, penunjukan tender ini dinilai tak ada masalah.

Namun, Ia melihat hal lain yakni dari proses pengadaan atau lelang tender yang ditunda dan gagal, sampai akhirnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menunjuk Sembilan Matahari sebagai pelaksana proyek.

“Kalau kami periksa sesuai rujukan Peraturan Presiden (Perpres) 16/2018 dan dilihat dari dokumen LPSE dan sejarah pengadaan itu kan ada penundaan dan gagal terjadi tender di situ, dan salah satu pemenangnya terjadi penunjukan langsung,” kata Nandang dihubungi JPNN, Selasa (10/1).

Nandang menduga, proses lelang itu hanyalah modus atau akal bulus dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, Sembilan Matahari diduga memang telah disiapkan sejak awal sebagai pemegang proyek tersebut.

“Melihat dari situ, saya kira ini modus yang projek untuk diarahkan pada pemenang yang sudah diarahkan walaupun mereka membuka ruang tender, tetapi tidak memadai dari sisi waktu akhirnya penunjukan, tetapi yang ditunjuk yang ikut tender juga tidak memenuhi kualifikasi, seperti yang ditelusuri,” tuturnya.

Tudingan itu pun bukan tanpa alasan, Pasalnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki hubungan sangat baik dengan Sembilan Matahari sejak menjadi Wali Kota Bandung. Sehingga, Nandang pun menduga ada unsur nepotisme yang ia bahasakan sebagai 'koncoisme' (kawan).

FITRA Jabar menyoroti penunjukan tender Sembilan Matahari dalam proyek pembuatan konten di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung. Ada unsur 'Koncoisme'.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News