Reboisasi Lahan Kritis di KBU, Sukarelawan Ganjar Pranowo Bagikan 10 Ribu Bibit Buah

Minggu, 08 Januari 2023 – 22:22 WIB
Reboisasi Lahan Kritis di KBU, Sukarelawan Ganjar Pranowo Bagikan 10 Ribu Bibit Buah - JPNN.com Jabar
Para petani mengikuti kegiatan ‘Sosialisasi Aksi Konservasi dan Pembagian Bibit’ yang digelar sukarelawan Ganjar Pranowo. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Para petani di Cimenyan, Kabupaten Bandung antusias dan mendukung langkah sukarelawan Ganjar Pranowo yang mengusahakan bibit buah-buahan untuk petani di Kawasan Bandung Utara (KBU).

Para petani pun sepakat untuk menanam dan merawatnya sampai berbuah.

“Sepanjang untuk kebaikan masyarakat, khususnya para petani, kami akan dukung. Niatan Pak Ganjar Pranowo baik karena kami butuh bibit supaya punya panen buah dan juga supaya lahan terjaga dari longsong,” kata salah seorang petani, Udung (65 tahun), pada Minggu (1/8).

Udung sendiri adalah petani yang menggarap di lahan sekitar 1.000 meter. Lahan itu bukanlah miliknya, melainkan milik tiga orang tuan tanah yang tercatat sebagai warga Kota Bandung.

Pemeliharaan fisik lahan-lahan itu sepenuhnya dilakukan para pengarap, termasuk untuk menanam pohon agar tidak terjadi longsor.

Seperti halnya Udung, sebagian besar petani di kawasan Bandung utara, saat ini berstatus sebagai penggarap.

Pada mulanya mereka memiliki lahan, kemudian dijual kepada tuan tanah lalu menggarapnya. Mereka tidak perlu mengeluarkan uang sewa untuk memanfaatkan lahan tersebut.

“Meskipun ini bukan lahan kami, tetapi kami punya kewajiban untuk menjaganya dengan baik.  Karena itu, kami bersyukur dengan pembagian bibit secara gratis ini. Secara bertahap kami akan menghijaukan lahan. Selain tanaman sayurannya subur, tanahnya juga akan kuat,” ucapnya.

Sukarelawan Ganjar Pranowo melakukan kegiatan bagi-bagi bibit buah untuk ditanam para petani di Cimenyan, sebagai upaya reboisasi lahan kritis di KBU.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News