Akses Jalan Menuju Masjid Al Jabbar Sempit, Pemprov Jabar Siapkan Solusi Ini

Selasa, 03 Januari 2023 – 20:10 WIB
Akses Jalan Menuju Masjid Al Jabbar Sempit, Pemprov Jabar Siapkan Solusi Ini - JPNN.com Jabar
Pengendara sepeda motor melewati sepadan Sungai Cinambo sebagai akses jalan menuju Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, Selasa (3/1). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sampai hari ini masih membahas soal solusi kemacetan di Jalan Cimincrang, Gedebage, Kota Bandung pasca diresmikannya Masjid Raya Al Jabbar, Jumat (30/12).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, akses utama menuju masjid raya itu adalah exit tol Gedebage KM 149. Namun, akses tersebut sampai saat ini masih belum bisa dibuka.

Kata Ridwan Kamil, pihaknya segera melakukan pertemuan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk membahas pembukaan exit tol yang akan menjadi akses utama menuju Masjid Raya Al Jabbar.

Selain soal exit tol, Ridwan Kamil juga akan membahas pembebasan lahan di samping Polda Jawa Barat.

Pembebasan lahan ini untuk proyek pembangunan jembatan sebagai akses dari Jalan Soekarno Hatta menuju Masjid Raya Al Jabbar yang diharapkan bisa memecah kemacetan.

“Akan dirapatkan segera dengan Kementerian PUPR, termasuk rencana membebaskan lahan di sebelah Polda (Jabar) supaya ada akses baru langsung dari Soekarno hatta pakai jembatan langsung ke (masjid) Al Jabar,” kata Emil di Bandung, Selasa (3/1).

Menurut dia, selama Januari ini Pemprov sedang mengamati hal-hal apa saja yang terjadi di area Masjid Raya Al Jabbar, termasuk masalah sampah yang belakangan viral.

“Selama Januari kami sedang mengamati, mengobservasi dinamika semua akan disempurnakan direspon. Hal-hal kecil dan besar diharapkan (pada) Februari, seiring dengan dibukanya museum, pengelolaan Masjid Al Jabbar sudah lebih sempurna dan tidak ada negatif dari masyarakat,” jelasnya. (mcr27/jpnn)

Pemprov Jabar berencana melakukan pembebasan lahan disamping Mapolda Jabar untuk membuat jembatan sebagai akses menuju Masjid Raya Al Jabbar.

Redaktur : Ridwan Abdul Malik
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News