Polisi Minta Pengelola Wisata Siapkan Kantung Parkir Luas Antisipasi Kemacetan

Kamis, 29 Desember 2022 – 09:47 WIB
Polisi Minta Pengelola Wisata Siapkan Kantung Parkir Luas Antisipasi Kemacetan - JPNN.com Jabar
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat meminta pengelola tempat wisata menyediakan lahan parkir yang luas, untuk menampung wisatawan saat libur tahun baru 2023.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pada libur tahun baru ini diprediksi bakal ada beberapa tempat wisata yang didatangi para wisatawan.

Adapun destinasi favorit itu di antaranya kawasan Puncak Bogor, Ciwidey, Lembang, Pangandaran, dan Kota Bandung.

Lebih lanjut, kata Ibrahim, kepadatan kendaraan di sekitar tempat wisata biasanya ditenggarai lahan parkir yang sempit. Alhasil kemacetan panjang pun kerap terjadi saat libur tahun baru.

“Kami berkoordinasi dengan pihak pengelola daerah wisata untuk mempersiapkan dan memperbanyak kantong-kantong parkirnya sehingga bisa memuat lebih banyak, dan bisa mengatur pengunjung yang datang, juga memaksimalkan kepadatan arus lalu lintas yang terjadi di jalan,” katanya di Kota Bandung, Rabu (28/12).

Ibrahim menyebut, pihaknya mulai memfokuskan pengamanan di jalur wisata yang rawan terjadi kepadatan jalan.

“Jadi pascanatal kemarin memang lebih fokus kami melaksanakan pengamanan di jalur arus lalu lintas. Adapun beberapa daerah yang perlu diantisipasi seperti daerah kunjungan wisata di Bogor, kemudian di Puncak, Ciwidey, Lembang, dan di daerah Pangandaran,” jelasnya.

Selain mengatur jalur wisata, anggota polisi di lapangan juga sudah menyiapkan beberapa alternatif untuk mengalahkan arus lalu lintas saat terjadi kepadatan.

Polda Jabar meminta kepada pengelola tempat wisata untuk menyiapkan kantong-kantong parkir untuk mengantisipasi kepadatan lalin di libur akhir tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News