Ridwan Kamil Pamerkan Kemegahan Masjid Al Jabbbar, Ada Makna Mendalam Dibalik Namanya 

Senin, 26 Desember 2022 – 22:15 WIB
Ridwan Kamil Pamerkan Kemegahan Masjid Al Jabbbar, Ada Makna Mendalam Dibalik Namanya  - JPNN.com Jabar
Bagian dalam Masjid Raya Al Jabbar di Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan progres pembangunan Masjid Raya Al Jabbar di Kota Bandung sudah 97 persen.

Rencananya dalam waktu dekat, masjid raya Jawa Barat ini bakal segera diresmikan.

Pria yang karib disapa Emil itu menyebut, kapasitas masjid ini berjumlah 20.000 orang. Terdiri dari dua lantai, masjid tersebut begitu megah dengan teknik arsitektur yang cukup rumit.

Dirancang langsung Emil ketika menjabat sebagai Wali Kota Bandung, pembangunan masjid memakan waktu lima tahun.

“Di area ini 20.000 orang (kapasitas), kemudian di lantai atas biasanya mayoritas jemaah perempuan di sana, mungkin 2.000 – 3.000 orang. Di luar, alun-alun kalau luber di dalam itu bisa digunakan salat sudah dikasih garis saf juga, kapasitasnya 20.000 juta,” katanya saat meninjau ke lokasi, Senin (26/12).

“Keliling sana sini kalau dipakai salat kapasitas sebenarnya masjid ini sekitar 50.000 jemaah, sudah seperti stadion,” sambungnya.

Selain dipakai sebagai tempat ibadah, masjid ini juga dilengkapi dengan area museum Rasul dan sejarah Islam Nusantara serta Jawa Barat. Akan tetapi, museum itu baru bisa dibuka untuk umum pada Februari 2023.

Kemudian, danau yang mengelilingi masjid ini pun bisa dipakai sebagai kolam retensi atau pengendali banjir di area Gedebage.

Progres pembangunan Masjid Al Jabbar sudah 97 persen dan bakal segera diresmikan pada Jumat mendatang. Begini fasilitas masjid megah tersebut.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News