8 Unit Bus Listrik Hibah Kemenhub Dioperasikan di Bandung Raya

Senin, 26 Desember 2022 – 18:45 WIB
8 Unit Bus Listrik Hibah Kemenhub Dioperasikan di Bandung Raya - JPNN.com Jabar
Kick off angkutan massal Bandung Raya massal di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Sabtu (24/12). Foto: Biro Adpim Pemprov Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Bus listrik produksi PT Inka Multi Solution Service mulai dioperasikan di Bandung Raya.

Transportasi massal ini sudah disesuaikan dengan kontur geografis kawasan Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Raya, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Direktur Utama PT Inka Multi Solution Service (IMSS) Junaidi mengatakan, bus listrik yang dioperasikan ini sudah diuji coba di berbagai kondisi jalan seperti tanjakan, turunan, jalan raya, dan jalan tol.

"Ini sudah kami coba baik di tanjakan, turunan, jalan raya, dan jalan tol dengan tenaga dan kecepatan yang disesuaikan. Ukuran panjang lebarnya sesuai dengan wilayah Bandung Raya yang rata-rata jalannya sempit," katanya dalam keterangan resmi, Senin (26/12).

Kata Junaidi, pihaknya juga menurunkan tim mekanik yang akan merawat bus listrik tersebut selama beroperasi di Bandung Raya.

Ada pun saat ini baru Bandung dan Surabaya yang mengoperasikan bus yang dipakai saat KTT G20.

"Setiap kami meluncurkan produk, kami tempatkan juga tim untuk maintenance untuk merawat bus ini. Sejauh ini baru Bandung dan Surabaya yang sudah menggunakannya," ujarnya.

Sementara, terkait fasilitas pendukung ada dua Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yaitu di pool dan di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung.

Delapan unit bus listrik mulai dioperasikan di wilayah Bandung Raya, kendaraaan ini hasil hibah Kemenhub dan pernah dipakai giat KTT G20.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News