Jamin Ketersediaan Bahan Pokok, Pemprov Jabar Bangun Pusat Distribusi

Senin, 26 Desember 2022 – 17:25 WIB
Jamin Ketersediaan Bahan Pokok, Pemprov Jabar Bangun Pusat Distribusi - JPNN.com Jabar
Jamin Ketersediaan Bahan Pokok, Pemprov Jabar Bangun Pusat Distribusi. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat (Jabar) telah merampungkan pembangunan Gedung Pusat Distribusi Provinsi (PDP) yang berlokasi di Jalan Raya Purwakarta-Subang, Kampung Cisantri, Desa Cilandak, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta.

Rencananya, gedung ini juga akan digunakan untuk memfasilitasi Sistem Resi Gudang (SRG) di 13 Kabupaten se-Jawa Barat, yang merupakan hibah dari Bappepti Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Pemanfaatan sistem resi gudang di antaranya terdapat di Kabupaten Purwakarta, Subang dan Cianjur sebagai upaya meningkatkan perdagangan berbasis produk dalam negeri dan lokal pangan, yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan regional.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, Iendra Sofyan mengatakan, dengan terbangunnya PDP ini diharapkan dapat memotong mata rantai yang terlalu Panjang, menjamin kelancaran distribusi dan ketersediaan barang kebutuhan pokok.

Di antaranya beras, minyak goreng, jagung, kedelai, telur ayam ras, tepung terigu, cabai, bawang merah dan bawang putih, daging ayam ras, gula, ikan segar, daging sapi dan barang kebutuhan pokok lainnya.

“PDP ini dalam rangka meningkatkan kemitraan antara petani, nelayan, peternak, koperasi, UMKM, pedagang pasar, dan mitra strategis lainnya serta ditugaskan pengelolaan kepada BUMD Provinsi Jawa Barat yang memiliki tugas pokok menangani ketahanan pangan yaitu PT Agro Jabar,” ujar Iendra dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (26/12).

Lebih lanjut, Iendra menuturkan, untuk sistem resi gudang yang dikelola oleh 13 kabupaten se-Jawa Barat yaitu Kabupaten Subang, Cianjur 2 Gudang SRG, Indramayu, Garut, Bogor, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Purwakarta, Tasikmalaya, dan Ciamis 2 Gudang SRG.

SRG sendiri dapat menjadi salah satu instrumen pengukuran ketersediaan stok regional dan nasional, khususnya terkait bahan pangan seperti beras, gabah dan jagung.

Disperindag Jabar bangun Gedung Pusat Distribusi Provinsi (PDP). Keberadaan gedung ini bertujuan untuk menjaga distribusi dan ketersediaan bahan pokok.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News