Bikin Adem, KH Abdul Rozak Sampaikan Pesan Toleransi di Depan Ribuan Jemaat Gereja Katedral Bandung

Minggu, 25 Desember 2022 – 16:05 WIB
Bikin Adem, KH Abdul Rozak Sampaikan Pesan Toleransi di Depan Ribuan Jemaat Gereja Katedral Bandung - JPNN.com Jabar
Ketua Ikatan Pesantren Indonesia – Jabar KH Abdul Rozak saat menyampaikan pesan toleransi di hadapan ribuan jemaat Katolik dalam Misa Natal di Gereja Katedral Santo Petrus, Kota Bandung, Minggu (25/12). Foto: sources for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Ada yang tak biasa dalam perayaan Natal tahun ini di Gereja Katedral Santo Petrus, Kota Bandung.

Seusai pelaksanaan ibadah Misa Natal yang dipimpin langsung Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, Gereja Katedral Bandung kedatangan rombongan dari pondok pesantren.

Dipimpin langsung oleh Ketua Ikatan Pesantren Indonesia – Jabar KH Abdul Rozak, suasana toleransi begitu terasa di dalam ruang ibadah umat Katolik tersebut.

Kedatangan Rozak pun disambut hangat oleh pastor dan jemaat di sana. Rozak bahkan dipeluk langsung oleh Antonius.

Rozak menyampaikan beberapa pesan toleransi dan kedamaian kepada ribuan jemaat di sana.

“Pesan toleransi hanya satu, jaga kebersamaan dalam perbedaan. Karena perbedaan ini sebuah keniscayaan. Tanpa perbedaan kita tidak maju dan jadikan perbedaan ini batu yang besar untuk mendobrak batu yang besar yaitu kemajuan bangsa dan negara,” katanya ditemui seusai kegiatan di Gereja Katedral St. Petrus, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Minggu (25/12).

Menurut dia, kunci dari toleransi adalah keinginan seseorang untuk mau mengerti dan memahami.

“Tanpa itu, zero, Tanpa itu, nol. Maka kami berpesan tetap jaga kebersamaan dalam toleransi, berikan mereka kesempatan untuk beribadah sesuai keyakinan masing-masing, toh mereka juga telah memberikan kesempatan kepada kita untuk beribadah sesuai keyakinan masing-masing,” jelasnya.

Ketua Ikatan Pesantren Indonesia – Jabar KH Abdul Rozak memberi pesan toleransi dan kerukunan antarumat beragama dihadapan ribuan jemaat Katolik di Hari Natal.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News