Demi Capai Net Zero Emission, Pemerintah Fokus Penuhi Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 21 Desember 2022 – 16:10 WIB
Demi Capai Net Zero Emission, Pemerintah Fokus Penuhi Ekosistem Kendaraan Listrik - JPNN.com Jabar
Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Dirjen ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Indonesia telah menargetkan pencapaian Net Zero Emission pada 2060 atau lebih cepat. Untuk itu, pemerintah terus mendorong percepatan transisi energi.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan gencar mengembangkan ekosistem Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik melalui berbagai regulasi.

Misalnya dengan menerbitkan Perpres Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Selain itu lewat PP Nomor 74 tahun 2021 dan Inpres Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/ atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Selain regulasi, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Dirjen ILMATE) Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier mengatakan pemerintah juga mendorong kerjasama B2B untuk ride hailing dan logistik dalam penggunaan kendaraan listrik, dan sektor asuransi dan finance dalam pembiayaan, serta penjaminan sehingga mempercepat implementasi Kendaran Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

"Pemerintah mempunyai target KBLBB di instansi pemerintah pada 2030 untuk roda empat mencapai 132 ribu unit dan roda dua mencapai 298 ribu unit," ujar Taufiek dalam keterangan resminya, Rabu (21/12/).

Dia juga berharap insentif dan relaksasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat industri keuangan semakin bergairah menyalurkan pembiayaan kendaraan listrik.

Untuk diketahui, guna mendorong pengembangan KBLBB, OJK telah mengeluarkan berbagai stimulus dan relaksasi bagi seluruh sektor keuangan.

Demi mencapai Net Zero Emission, pemerintah dan Industri Keuangan dukung penuh ekosistem kendaraan listrik di tanah air.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News