Jabar Super Apps Siap Manjakan Warga Jawa Barat

Senin, 19 Desember 2022 – 22:45 WIB
Jabar Super Apps Siap Manjakan Warga Jawa Barat - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, saat menghadiri grand launching Jabar Super Apps di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berambisi mendorong perkembangan transformasi digital melalui pelayanan publik yang dapat diakses dalam satu pintu saja.

Hal itu dibuktikan dengan diluncurkannya aplikasi Jabar Super Apps di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada Minggu (28/12).

Jabar Super Apps didesain menjadi suatu aplikasi yang mengintegrasi data layanan publik di Jabar, sekaligus menyajikan semua layanan kebutuhan warga mulai dari layanan transaksional, informatif dan interaktif secara lebih sederhana dalam satu aplikasi.

"Ini aplikasi super terpadu yang dapat memberikan layanan administrasi secara online. Sementara ini yang bergabung baru perpajakan, lainnya menyusul. Jadi, suatu hari nanti semua aplikasi yang ada saat ini akan berkumpul menjadi satu," ungkap Ridwan Kamil.

Adanya aplikasi terpadu itu sebagai respons publik juga selaras dengan pernyataan Menteri Keuangan yang sempat melontarkan kritikan bahwa di Indonesia terlalu banyak aplikasi dalam pelayanannya khususnya di daerah.

"Jadi, Super Apps itu seperti omnibuslaw. Jadi, Jabar Super Apps itu omnibuslawnya di bidang aplikasi pelayanan masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan selain itu aplikasi Super Apps ini diinisiasi untuk mengefesiensikan pelayanan publik dengan memangkas langkah-langkah agar lebih efektif.

"Misalnya dalam layanan pembayaran perpajakan pada satu aplikasi, di mana kita bayar hanya empat langkah, Jawa Timur tujuh langkah, di DKI Jakarta lima langkah. Jabar hanya empat step sudah beres," ucapnya.

Demi mempermudah dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meluncurkan aplikasi Jabar Super Apps.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News