Kemenhub: Kecelakaan Kereta di Jalur KCJB Diduga Akibat Kelalaian Pekerja

Senin, 19 Desember 2022 – 17:15 WIB
Kemenhub: Kecelakaan Kereta di Jalur KCJB Diduga Akibat Kelalaian Pekerja - JPNN.com Jabar
Proses evakuasi kereta teknis yang anjlok di jalur Kereta Cepat Jakarta - Bandung, area Cipada – Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat pada (19/12). Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Direktur Keselamatan Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Edi Nursalam menduga ada kelalaian dalam proyek jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung, yang menyebabkan kereta teknis anjlok di area Cipada – Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat.

Atas insiden ini, pihak kontraktor disebut akan mendapatkan teguran dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kata Edi, insiden yang terjadi pada Minggu (18/12) kemarin itu masuk kategori kecelakaan kerja.

“Iya ini kecelakaan kerja dalam penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta – Bandung. Jadi kereta ini belum beroperasi (dalam pengerjaan proyek) ada alat kerja kami dua, alat pemasang rel, dan lokomotif,” katanya saat meninjau lokasi kejadian, Senin (19/12).

Edi mengungkapkan, proses penyelidikan kecelakaan tetap berjalan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Investigasi dilakukan guna mengetahui penyebab kereta teknis bisa keluar jalur. Kemudian, sejumlah hal akan menjadi muatan penyelidikan, di antaranya mengecek penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Di sisi lain, Ia menduga ada unsur kelalaian dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) atau alat kerja yang seharusnya dimonitor oleh kontraktor dan operator.

“Jadi kami akan buat teguran, supaya tetap menjaga K3. Nah bisa jadi (ada kelalaian), ini kami lagi investigasi. Enggak tahu siapa yang salah, apakah alatnya, atau orangnya, kami belum tahu,” jelasnya.

Kemenhub menduga ada kelalaian dalam proyek pembangunan jalur KCJB yang menyebabkan anjloknya kereta teknis.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia