Innalillahi, Gempa Berkekuatan 5,8 Magnitudo Guncang Sukabumi

Kamis, 08 Desember 2022 – 10:45 WIB
Innalillahi, Gempa Berkekuatan 5,8 Magnitudo Guncang Sukabumi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Gempa bumi kembali melanda Jawa Barat. Kali ini pusat gempa bumi berada di wilayah Sukabumi Jawabarat.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo melanda Jawa Barat pada pagi tadi pukul 07.50 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,8. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,09° LS ; 106,95° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 122 km," kata Daryono dalam keterangan resminya, Kamis (8/12).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi/patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia atau yang populer disebut sebagai gempa intraslab atau gempa Benioff.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," ujarnya.

Gempa bumi berkekuatan 5,8 itu turut dirasakan di sejumlah daerah di Jawa Barat, seperti ianjur, Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan dan Sumedang.

"Daerah Cisolok, Sumur, Sukabumi, Jakarta, Garut, Bekasi, Bandar Lampung dan Tangerang juga turut merasakan getarannya. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini," jelasnya.

Tak hanya itu, pada pukul 08.15 WIB gempa bumi susulan juga terjadi yang menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 3,0.

Gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo terjadi di Sukabumi, meski tidak berpotensi tsunami getarannya terasa hampir di seluruh wilayah Jawa Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News