Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari

Rabu, 30 November 2022 – 20:27 WIB
Pencarian Korban Gempa Cianjur Diperpanjang 3 Hari - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Pencarian korban hilang dampak gempa di Kabupaten Cianjur. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Bupati Cianjur Herman Suherman memastikan proses pencarian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, yang seharusnya berakhir pada hari ini, Rabu (30/11), diperpanjang hingga Sabtu (3/12).

"Kami Kabupaten Cianjur telah membuat usulan penambahan waktu tiga hari ke depan. Mohon doanya, mudah-mudahan dalam waktu tiga hari ini. Mohon doa agar cuaca baik dan Basarnas bisa menemukan warga yang hilang sebanyak 12 jiwa," kata Herman di Pendopo Kantor Bupati Cianjur.

Herman menuturkan, hingga saat ini, masih ada 12 warga hilang yang belum diketemukan.

"Sudah saya tandatangani (surat permohonan perpanjangan pencarian korban gempa cianjur), mulai hari Kamis 1 Desember sampai 3 Desember. Tapi kalau besok yang 12 orang ini ketemu, perpanjangan dihentikan," kata Herman.

Herman mengatakan, secara aturan, pencarian yang dilakukan Basarnas sudah berakhir hari ini. Namun, melihat kondisi di lapangan masih ada warga yang berharap menemukan keluarganya yang menjadi korban gempa Cianjur.

Sebelumnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyarankan kepada Bupati Cianjur agar memperpanjang pencarian korban gempa bumi hingga Sabtu (3/12).

"Artinya Pak Bupati ini memberikan aspirasi masyarakat yang kehilangan itu, mudah-mudahan bisa ditemukan. Tapi tentu saja ini ada batasnya. Saran kami memang maksimal sampai hari Sabtu, dua minggu," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat mengelar rakor dengan Menko Bidang PMK Prof Muhadjir Effendy dan Kepala BPOM Penny K Lukito, di Pendopo Kantor Bupati Cianjur, Rabu siang.

Saran tersebut diberikan terkait dengan bertambahnya jumlah warga yang hilang dan dalam proses pencarian, yang jumlahnya hingga saat ini bertambah dari 5 jiwa menjadi 13 jiwa.

Bupati Cianjur Herman Suherman memastikan waktu pencarian korban gempa bumi di wilayahnya diperpanjang hingga Sabtu (3/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News