Waspada! Gempa Susulan di Cianjur Akan Terus Terjadi Hingga 2 Pekan ke Depan

Senin, 28 November 2022 – 13:35 WIB
Waspada! Gempa Susulan di Cianjur Akan Terus Terjadi Hingga 2 Pekan ke Depan - JPNN.com Jabar
Ilustrasi: Warga melintasi bangunan rumah yang rusak berat akibat goncangan gempa 5,6 SR di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, CIANJUR - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat sampai dengan hari ketujuh pascamusibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, sudah terjadi 285 gempa susulan.

Jumlah ini dihitung dari hari pertama gempa dengan kekuatan 5,6 SR mengguncang Cianjur pada Senin (21/11) siang.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Teguh Rahayu mengatakan gempa susulan dari hari pertama cenderung menunjukkan tren yang menurun.

“Skala magnitudo semakin mengecil dan frekuensi gempa susulan juga semakin melemah,” katanya dikonfirmasi, Senin (28/11).

Menurut Rahayu, gempa susulan diperkirakan masih akan terjadi satu hingga dua pekan ke depan.

“Setelah kejadian gempa bumi, maka batuan akan mencari titik keseimbangannya, untuk mendapatkan titik keseimbangan tersebut maka dibutuhkan waktu yang mana diperkirakan berlangsung dalam rentang waktu 1-2 minggu ke depan,” jelasnya.

Pernyatan Rahayu senada dengan yang disampaikan Koordinator Peringatan Dini Gempa Bumi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sigit.

Sigit mengungkapkan kekuatan goncangan dari gempa susulan yang terjadi hanya 34 persen dari yang pertama.

BMKG memperkirakan gempa susulan di Cianjur masih terus terjadi satu hingga dua pekan ke depan. Ini sampai batuan menemukan titik keseimbangan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News